• TUTORIAL|EBOOK|KOMPUTER|GRAFIS| PHOTOSHOP|ISLAM|TIPS TRIKS

    English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    meminimalisir kemungkinan pencurian password

    meminimalisir kemungkinan pencurian password

    dear SM,


    kejadian pencurian password (atau yg biasa disebut di hack) adalah sebuah kejadian yang sungguh sangat menyebalkan. entah itu account email, facebook, twitter ataupun lainnya.kerugian akibat dari hal ini, bagi sebagian orang, tidak sedikit.
    misalkan account email yg dicuri.sementara email tersebut adalah email yang digunakan untuk bertransaksi secara elektronik melalui paypal,egold,ataupun e-money lainnya.
    bayangkan jika teman2 SM sudah bersusah payah mengumpulkan sen demi sen di account e-money , tau2 account email kita dicuri orang.
    kejadian tersebut di atas bisa diminimalisir atau bahkan dihindari , asal kita tau caranya.
    ibarat kata polisi bijak , gunakan cara pikir seorang maling untuk menangkap maling.


    tanpa panjang lebar, saya ingin berbagi pengalaman tentang cara menghindari pencurian data2 account kita.


    1. jika anda termasuk orang yang mampu, ada baiknya semua hal yang berhubungan dengan internet dilakukan pada komputer pribadi.hal ini jelas2 aman dari yang namanya keylogger , karena temen2 semua-lah yang menjadi administrator pada komputer pribadi.
    2. jika terpaksa atau memang karena tidak memiliki komputer pridadi dan harus pergi ke warnet, sebelum anda memulai aktifitas berinternet ada baiknya utk menyempatkan waktu sejenak untuk memeriksa keadaan komputer yg ingin kita gunakan.
    gunakan tools sederhana seperti HijackThis atau Process Explorer untuk memeriksa keadaan komputer tersebut. memang untuk bisa mengetahui keadaan komputer tersebut, kita haru punya pengetahuan ttg proses apa saja yang terhitung normal pada komputer tersebut.tapi jangan kecil hati bagi orang yang awam karena mbah google selalu bersedia membantu kita.
    3. pastikan komputer tersebut terpasang anti virus atau anti malware/spyware. saat ini , beberapa anti virus terkenal (seperti nod32 atau avast) telah melengkapi engine mereka dengan system pelacak malware/spyware.bahkan win 7 pun sudah membundel paket pendeteksi tersebut dalam system mereka.klo ada yang gk normal, biasanya ada warning nya.
    4.jika semua pendeteksian sudah berhasil dilakukan dan temen2 tidak menemukan apapun yang mencurigai , maka temen2 bisa berinternet dengan aman dan nyaman.klo udah selesai , mulailah membiasakan diri membersihkan jejak berinternet kita yg tersimpan di browser (delete all history and cookies).
    5. pada saat berselancar di dunia maya, kita jangan gampang tertipu dengan penawaran yang diberikan oleh orang yg tidak kita kenal.karena proses pencurian password bisa dilakukan tanpa harus meng-install keylogger apapun ke komputer.hal ini biasa disebut dengan phising.hendaklah kita selalu memeriksa ulang URL/link yg hendak kita kunjungi terlebih dahulu.biasakanlah curiga jika anda membuka situs yang meminta temen2 utk mengetikkan username+password.dan biasakan utk melihat address bar.


    demikian tutorial yang sederhana ini. semoga bisa bermanfaat untuk temen2 semua.
    selanjutnya akan kita lanjutkan dengan diskusi.silahkan temen2 bertanya dan saya akan mencoba menjawab semaksimal mungkin.jika ada yg ingin menambahkan , dengan senang hati akan saya terima.


    berikut tambahan informasi yg mungkin berguna ..
    note : link yang mungkin berguna ..
    Download Hijackthis :

    Download Process Explorer from Microsoft's site :

    Definisi Phising :
    How to delete Download browsing history:
    
    

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel