• TUTORIAL|EBOOK|KOMPUTER|GRAFIS| PHOTOSHOP|ISLAM|TIPS TRIKS

    English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    Apa Yang Dimaksud dengan Overburn?

    Apa Yang Dimaksud dengan Overburn?

    PCplus 121 09 - 15 April 2003
    Saat ini penggunaan CD-Writer sudah semakin meluas. Harga CD-Writer yang sudah jauh lebih terjangkau membuat CD-Writer menjadi alternatif CD-ROM drive yang menarik. Hal ini juga didukung oleh semakin terjangkaunya harga dari media yang diperlukan untuk CD- Writer, baik itu CD-R maupun CD-RW.
    Saat ini CD-R yang banyak beredar sudah memiliki kapasitas sebesar 700MB, sementara itu CD-RW kelihatannya masih lebih banyak yang memiliki kapasitas 650MB. Jumlah sebesar ini baik 700MB ataupun 650MB sering kali masih memadai untuk banyak keperluan, namun beberapa tahun ke depan mungkin kapasitas yang lebih besar lagi akan semakin diperlukan.
    Berbicara mengenai kapasitas, kadangkala kita perlu menaruh data-data yang total berukuran sedikit lebih besar dari 650MB ataupun 700MB. Memang bisa saja data- data tersebut dibagi dan diletakkan pada dua buah CD-R ataupun CD-RW, tetapi bisa juga data- data tersebut tetap diletakkan pada sebuah CD-R ataupun CD-RW menggunakan teknik overburn. Overburn Sesuai namanya overburn ini berarti “membakar” hingga melebihi batas. Dalam kasus ini, batas yang dilewati adalah batas dari kapasitas yang tersedia. Jadi bila sebuah CD-R memiliki kapasitas sebesar 700MB, maka dengan overburn bisa dipaksakan untuk menampung data-data yang total berukuran 707MB misalnya. Ini bisa dicapai dikarenakan sering kali suatu media tersebut memiliki “tempat” yang lebih besar dari spesifikasinya. Tentunya overburn ini bergantung pada banyak faktor dan tidak bisa dilakukan untuk

    Maksimalkan kapasitas dengan overburn

    penambahan kapasitas yang jauh lebih besar, misalnya CD-R 700MB untuk data-data yang total berukuran 760MB. Beberapa hal yang mempengaruhi overburn ini adalah CD-Writer yang digunakan, media yang digunakan (merek dan tipe), serta setting pada saat pembakaran. Bila salah satu dari hal ini tidak dipenuhi maka overburn tidak akan bisa dicapai. Syarat pertama tentunya adalah CD-Writer yang digunakan. CD-Writer ini haruslah mampu melakukan overburn. Bila ini tidak dipenuhi, overburn tidak mungkin bisa dilakukan. Umumnya CD-Writer yang beredar saat ini telah mendukung overburn. Bagi CD-Writer yang telah mendukung overburn, biasanya hal ini disebutkan pada spesifikasi dari produsen- nya. Menggunakan program seperti Nero Burning Rom bisa juga diperoleh keterangan mengenai dukungan overburn ini.
    Syarat yang kedua adalah media yang digunakan. Tidak
    media tersebut memiliki karakteristik yang sama. Jadi CD-R ataupun CD- RW yang berbeda merek ataupun berbeda tipe akan memiliki karakteristik terhadap overburn yang berbeda pula. Ada yang tidak bisa di-overburn, ada pula yang bisa di-overburn meskipun hanya sedikit. Tentunya yang dicari adalah media yang bisa di-overburn secara memadai alias penambahan kapasitasnya lumayan. Untuk mengetahui media mana yang paling cocok untuk di-overburn pada CD-Writer yang digunakan, salah satu cara yang bisa digunakan adalah mencoba berbagai media yang tersedia. Agar hasil yang diperoleh bisa bersifat agak universal, masing-masing merek dan tipe dicoba beberapa kali.
    Syarat yang terakhir adalah masalah setting yang digunakan. Umumnya hal yang harus diperhatikan adalah mengenai kecepatan yang digunakan. Biasanya overburn memiliki kemungkinan berhasil yang lebih tinggi pada pembakaran yang menggunakan kecepatan yang rendah. Salah satu cara untuk mem- peroleh kecepatan optimum dari overburn ini adalah melalui percobaan juga.

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel