• TUTORIAL|EBOOK|KOMPUTER|GRAFIS| PHOTOSHOP|ISLAM|TIPS TRIKS

    English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    ISTILAH-ISTILAH DENGAN PENGHAPUSAN DATA

    ISTILAH-ISTILAH BERKAITAN DENGAN PENGHAPUSAN DATA

    File system
    Sistem operasi mempergunakan file system sebagai suatu database untuk mengendalikan status alokasi dari suatu partisi. File system, semacam FAT (File Allocation Table) dan semua variannya (FAT12, FAT16, FAT32) dan NTFS (New Technology File System), menyimpan jejak data pada suatu partisi, semacam nama file, tanggal, ukuran dan lokasi fisiknya pada disk.

    Partisi
    Suatu hard disk bisa dibagi ke dalam sejumlah drive logic disebut partisi. Ukuran dari partisi dan file system yang dipergunakan menentukan ukuran cluster. Biasanya ukuran cluster dibuat kecil untuk mengurangi jumlah (slack) space pada partisi.
    Cluster
    Untuk bisa tetap mengetahui letak data pada suatu partisi, file system membagi setiap partisi ke blok-blok kecil yang disebut cluster. Suatu cluster adalah area terkecil, yang bisa dialokasikan dari disk dan ukurannya bergantung pada file system dan ukuran dari partisi.
    Cluster tip
    Unused area di akhir cluster terakhir yang dialokasikan oleh suatu file (atau slack space). Unused area dihadirkan dalam kebanyakan file karena space hanya bisa dialokasikan sebagai blok berukuran cluster dan isi dari file jarang memenuhi sepenuhnya semua bagian cluster yang teralokasi.
    Unused disk space
    Space pada suatu partisi yang tidak dipergunakan untuk menyimpan data. Terdiri dari cluster tip area dari file pada partisi dan free space yang tersedia.
    Pass, overwriting
    Jumlah ini menentukan berapa kali suatu area pada disk akan ditulisi
    Pseudorandom number generator, PRNG
    Suatu algoritma yang memungkinkan rangkaian angka nampak random (acak). Semua data "random" yang dibuat secara aritmetik disebut pseudorandom.
    Period length, dari PRNG
    Panjang rangkaian pseudorandom; banyaknya angka yang bisa dibangkitkan dengan PRNG sebelum rangkaian dimulai lagi dari awal.
    *Sekedar untuk memudahkan: Satu hard disk bisa dibagi ke dalam beberapa partisi. Dalam satu partisi dibagi ke dalam blok-blok yang disebut cluster. Nah, suatu file bisa memakai cluster- cluster tersebut. Kemungkinan ada file yang di akhir cluster-nya tidak mengisi cluster tersebut dengan penuh, itu yang disebut cluster tip. Cluster-cluster yang tidak dipakai menyimpan data disebut free space. Free space + cluster tip disebut unused disk space.


    Vol. IV No. 10  NeoTek

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel