• TUTORIAL|EBOOK|KOMPUTER|GRAFIS| PHOTOSHOP|ISLAM|TIPS TRIKS

    English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    Menjelajah Internet Lewat E-mail

    Bagi sebagian pengguna Internet yang kurang beruntung, semua yang bisa mereka dapatkan hanyalah e-mail. Tetapi sebetulnya itu sudah cukup. Walaupun tidak senyaman aslinya, e-mail bisa kita gunakan untuk melakukan hampir semua aktivitas yang mungkin dilakukan di Internet. Browsing, men-down-load file, mencari informasi, berlangganan komik, meramal nasib, bahkan bermain game.
    Tidak percaya?
    Berikut ini akan dibahas secara singkat beberapa penggunaan e-mail lainnya. Jadi bagi mereka yang masih menganggap bahwa e-mail hanya bisa digunakan untuk berkorespondensi secara elektronik, silakan bangun dari tidur, dan mulai gunakan e-mail Anda untuk menjelajah dunia maya!
    Mengapa E-mail?
    Mungkin ada yang bertanya: Bukankah sudah diciptakan program-program lain yang khusus dan mempunyai kinerja yang lebih baik? Ada beberapa alasan yang bisa disebutkan di sini mengenai mengapa ada orang yang mau (dan perlu) menggunakan e-mail untuk berinteraksi dengan Internet.
    • Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu alasannya adalah jika satu-satunya akses ke Internet yang kita miliki adalah e-mail.
    • Alasan lainnya adalah efisiens waktu. Dengan e-mail, kita bisa menjelajah Internet dengan offline (walaupun sekarang sudah ada program yang dibuat dengan tujuan itu) dan pada saat yang kita inginkan.
    • Efisiensi biaya. Maksudnya, dengan e-mail biaya Internet yang kita keluarkan bisa diatur. Hanya untuk mengirim dan menerima e-mail saja. Jika menggunakan browser, orang-orang cenderung “lupa
    diri” dan pada akhir bulan terlonjak kaget ketika menerima tagihan Internet dan telepon.
    • Kecepatan. Jika kita mempunyai hobi untuk men-download, kadang-kadang kita dibuat kesal dengan
    lambatnya koneksi ke suatu site yang memiliki file yang kita download. Sehingga kita akan menghabiskan waktu yang sangat lama untuk men-download suatu file. Lewat e-mail, file yang kita inginkan bisa di-download dulu oleh server e-mail kita dan kita men-download-nya dari situ. Dengan lebih cepat tentu saja. Tentu saja ada juga kelemahan-kelemahannya. Diantaranya:
    • Tidak nyaman. Secara otomatis, menjelajah internet lewat e-mail tidak akan senyaman menggunakan browser yang hanya perlu aktivitas “klak-klik”.
    • Tidak praktis. Untuk berpindah-pindah antara lokasi yang satu dengan yang lainnya, kita harus berulang kali mengirim dan menerima e-mail.
    • Untuk pen-download-an file, kita dibatasi oleh kuota yang kita miliki di server e-mail. Selalu perhatikan hal ini. Jangan sampai mailbox kita penuh, karena kita tidak akan bisa menerima e-mail apa-apa sampai kita mengosongkannya.

    Menjelajah World Wide Web
    Dengan pertimbangan bahwa fasilitas yang paling populer dari Internet adalah www (bahkan sebagian orang menganggap bahwa Internet adalah www!) maka topik yang akan dibahas pertama-tama adalah si “triple double-u” ini. Pernahkah Anda mendengar seseorang berkata, "Wow, lihat ada yang keren di http://www.dimana.com/auah.html dan tidak mengerti apa yang sedang mereka bicarakan? Lalu setelah tahu, Anda merasa kesal karena tidak memiliki akses untuk menjelajahinya? Jangan takut, sekarang Anda bisa mengambil dokumen WWW dengan e-mail sedikit bantuan dari sebuah server webmail Agora.

    Alamat Server Agora           LokasiAkses                              Usenet?
    agora@dna.affrc.go.jp          (Jepang)                                   Ya
    agora@kamakura.mss.co.jp  (Jepang)                                   Ya
    agora@www.eng.dmu.ac.uk (Inggris)
    agora@uit.no                       (hanya untuk Norwegia)
    agora@mx.nsu.nsk.su           (hanya untuk nsu.su)

    Yang perlu Anda ketahui hanyalah URL-nya (atau Uniform Resource Locator, itu adalah sebaris kalimat yang dimulai dengan "http:","gopher:", atau "ftp:"). Setelah itu Anda bisa mengambil-nya dengan mengirimkan e-mail ke salah satu dari alamat-alamat yang terdapat pada Tabel diatas. Di bagian tubuh pesan Anda sertakan baris-baris berikut (ganti "<URL>" dengan URL yang Anda maksudkan):  send <URL> rsend <alamat-balasan> <URL> (jika Anda ingin balasan dikirim ke alamat lain) Ini akan mengirimkan dokumen yang Anda minta kepada Anda bersama dengan semua dokumen yang direferensikan di dalamnya. Jadi Anda bisa membuat permintaan selanjutnya. Untuk mencoba WWW dengan e-mail kirim perintah berikut ke server Agora: help send http://www.w3.org Dalam beberapa menit Anda akan menerima file help Agora dan "Halaman Selamat Datang di WWW" yang akan berisi referensi (link) ke dokumen Web lain yang ingin Anda jelajahi. Harap Anda baca file help Agora, karena file tersebut berisi jawaban terhadap pertanyaan yang sering diajukan! Beberapa server lain yang menyediakan fasilitas yang kurang lebih sama (lihat Tabel di bawah).

    Alamat                                                     Perintah yang digunakan
    data@downloadslave.com                          <URL> di body e-mail
    getweb@usa.healthnet.org                         GET <URL>
    page@grabpage.org                                  URL: <URL> di Subject
    text@pagegetter.com                                <URL> di body returns text
    web@pagegetter.com                                <URL> di body returns graphic page
    webgate@vancouver-webpages.com           GET <URL> atau DUMP <URL> di body
    webmail@www.ucc.ie                              SEND <URL> or GET <URL> di body
    www@web2mail.com                              URL of page (omit http://) di Subject

    Catatan:
    • Server Getweb di atas dapat menangani halaman Web yang mengandung form isian. Server webmail yang lain tidak memiliki kemampuan ini.
    • Server webmail kadang-kadang tidak beroperasi selama beberapa hari (atau minggu) pada suatu waktu tanpa penjelasan. Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan atau tidak mendapat balasan, cobalah alamat lain atau coba lagi di hari lain.
    • Alamat-alamat yang dianggap memiliki performa yang kurang baik atau tidak gratis dihilangkan dari daftar. SERVER WWW4MAIL YANG BARU (mengombinasikan fungsi agora, getweb, dan integrasi
    baru browser E-mail) lihat Tabel di bawah.
                  
    Alamat                Catatan
    www4mail@collaborium.orgketikkan           help dalam isi pesan
    www4mail@ftp.uni-stuttgart.deketikkan       help dalam isi pesan
    www4mail@kabissa.orgketikkan                 help dalam isi pesan
    www4mail@unganisha.idrc.caketikkan        help dalam isi pesan
    www4mail@web.bellanet.orgketikkan         help dalam isi pesan
    www4mail@wm.ictp.trieste.itketikkan         help dalam isi pesan

    Jika Anda ingin daftar alamat-alamat terbaru dari server penyedia layanan ini, lihat di: http://www.expita.com/servers.html http://www.geocities.com/CapitolHill/1236/servers.html
    Pencarian WWW Dengan E-mail Sangat banyak hal yang menarik yang ada di web, tapi  bagaimana Anda bisa menemukannya?  Seperti Archie dan Veronica yang dapat  membantu Anda mencari situs FTP dan Gopher, ada beberapa mesin pencari yang telah dikembangkan untuk mencari informasi di Web. Tapi sampai sekarang, Anda harus punya akses Internet langsung untuk menggunakannya. Setelah sedikit riset, diketahui bahwa menggunakan beberapa pencarian WWW dengan e-mail bukanlah hal yang mustahil. Yang harus Anda ketahui hanyalah perintah-perintahnya (yang ternyata juga berbentuk URL. Wah, kalau begitu ini mudah sekali!). Ini adalah beberapa contoh permintaan yang dapat Anda gunakan untuk mencari melalui Lycos dan Webcrawler. Baris-baris berikut ini bisa Anda kirim ke server Agora (lihat beberapa daftar di atas) untuk melakukan pencari-an. Jika Anda sedang tidak ingin mencari kata 'katak', silakan ganti dengan kata yang Anda cari. Untuk Lycos, tambahkan titik pada kata kunci Anda untuk memaksa pencocokan secara tepat (kata 'katak' hanya cocok dengan 'katak'), atau Anda akan mendapatkan pencocokan sebagian (kata 'katak bisa cocok dengan kata 'katakan') jika Anda tidak melakukannya. Pisahkan kata dengan tanda '+'. http://www.lycos.com/cgi-bin/pursuit?matchmode=and&cat=lycos\&query=pembedahan+katak&x=40&y=10
    Untuk pencarian dengan WebCrawler Anda harus memisahkan kata dengan tanda '+'. Semua pencarian dilakukan dengan pencocokan secara tepat, tidak perlu ditambah tanda titik. http://www.webcrawler.com/cgi-bin/WebQuery?searchText=pembedahan+katak
    Cara lain yang lebih mudah untuk mengakses mesin pencari adalah dengan mengirim pesan ke salah satu server GETWEB (lihat daftar di atas) dengan baris seperti ini di tubuh pesan: SEARCH <mesinpencari> <katakunci> Ganti "mesin pencari" dengan YAHOO, ALTAVISTA, atau INFOSEEK, atau mesin pencari lainnya yang biasa Anda gunakan (seperti GOOGLE yang sudah menjadi favorit banyak orang) dan gunakan kata kunci Anda sendiri. Ini contohnya: SEARCH YAHOO perlindungan konsumen Referensi Lebih Lanjut  Yang dibahas di sini hanyalah sedikit dari apa yang bisa dilakukan dengan e-mail. Masih banyak yang lainnya, seperti mengakses FTP, Archie, Gopher, Newsgroup, dll. Untuk itu Anda dipersilakan untuk membaca referensi yang jauh lebih lengkap. Caranya silakan kirim e-mail kosong ke accmail.faq@expita.com. Terlalu panjang untuk dibahas di sini. Tunggu dulu! Bagaimana dengan janji yang ada di bagian awal, misalnya cara meramal
    nasib, cara berlangganan komik, ataupun bermain game dengan menggunakan e-mail? Secara singkat bisa dikatakan bahwa semua hanyalah berupa variasi perintah URL yang kita kirimkan  ke salah satu server yang menyediakan fasilitas tersebut.

     Sumber PcPlus  

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel